SEKILAS INFO
: - Saturday, 25-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-76 MERDEKA !
  • 2 bulan yang lalu / Selamat Datang Siswa & Siswi Baru SMK Negeri Pertanian Kota Serang Tahun Ajaran 2021/2022
  • 4 bulan yang lalu / Selamat Datang Di Website SMKN Pertanian Kota Serang

VISI DAN MISI

VISI

Program Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) merupakan program keahlian yang memiliki misi untuk mencetak lulusan yang mampu bersaing secara profesional di dunia industri pangan (food insdustry) sebagai dan mampu berkarya secara mandiri di dunia usaha pengolahan pangan.

MISI

Misi program Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) didukung oleh visi sebagai berikut;

  1. Menyiapkan tenaga kerja kompeten, baik dari segi hard skill maupun soft skill untuk menuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh industri pangan secara khusus dan berbagai lapangan kerja dalam lingkup yang sesuai secara umum.
  2. Menyiapkan wirausahawan kompeten yang secara mandidi dapat menghasilkan produk yang berkualitas serta dapat dipasarkan secara luas.

IMPLEMENTASI VISI DAN MISI

Visi dan misi program APHP diimpelementasikan dengan penerapan kurikulum pembelajaran yang beorientasi terhadap kesesuaian kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh industri serta dapat menjadi bekal yang cukup apabila siswa ingin memulai usaha milik sendiri. Pembelajaran tidak hanya disampaikan secara teori, namun juga dilakukan secara praktek. Pembelajaran ini didukung denganadanya program magang 1 semester di industri dan ketersediaan fasilitas berupa Laboratorium Pengolahan. Laboratorium pengolahan merupakan laboratorium untuk melakukan praktikum pembelajaran teknologi pengolahan produk pertanian, yaitu proses pengolahan produk yang dilakukan dengan prosedur yang diadaptasi dari industri pangan namun dengan skala yang lebih kecil atau dapat dikatan dengan Lab-scale production.

TUJUAN

TUJUAN UMUM

Mencetak tenaga ahli bidang pertanian yang profesional dalam bidang pengolahan hasil pertanian berbasis teknologi tepat guna yang berorientasi pada kebutuhan dunia kerja dan usaha.

TUJUAN KHUSUS

  1. Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab.
  2. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam bidang pertanian khususnya program keahlian agribisnis pengolahan hasil pertanian agar dapat bekerja, baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  3. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang pertanian khususnya program keahlian agribisnis pengolahan hasil pertanian.
  4. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan.

KURIKULUM PENDIDIKAN

KOMPETENSI KEAHLIAN

Teknologi Pengolahan Pangan (Food Engineering)

Teknologi pengolahan pangan merupakan kompetensi keahlian yang mempelajari penggunaan teknologi tepat guna yang diterapkan untuk proses produksi pangan. Kompetensi ini diterapkan dalam bentuk pembelajaran secara teori mapun praktikum. Secara teori siswa mempelajari proses science behind baking yaitu proses sains yang terjadi dibalik proses pengolahan pangan, bahan mentah (raw material) hingga dapat diproduksi menjadi produk siap jual (finish goods). Siswa akan mempelajari proses pengolahan dengan mengadaptasi proses pengolahan yang digunakan di industri, kegiatan ini difasilitasi dengan adanya laboratoriaum APHP yang memiliki berbagai macam mesin dan alat yang sesuai dengan alat – alat yang dimiliki oleh industri, namun dalam skala yang lebih kecil atau dapat dikatakan lab-scale production. Kompetensi ini mempersiapkan siswa APHP untuk dapat menekuni profesi sebagai pengusaha makanan, production staff, warehouse staff, dan bahkan bagian personalia, manajerial, dan akunting.

Mikrobiologi Pangan (Food Microbiology)

Mikrobiologi pangan merupakan kompetensi keahlian yang akan mempelajari penerapan proses sanitasi dan hygine serta kaitannya dengan kontaminasi mikrobiologi dan cara menganggulangannya pada proses pengolahan pangan secara umum dan pada proses pengolahan pangan di food industry secara khusus. Kompetensi ini fokus mempelajari Quality Management System (QMS) yang mencakup pengendalian mutu, sanitasi dan hygine, GMP, SSOP, dan HACCP yang akan diajarkan secara maupun praktik di laboratorium. Kompetensi ini mempersiapkan siswa APHP untuk dapat menekuni profesi sebagai laboran, assistant peneliti, QC expert dan QA expert di dunia food industry.

Kimia Pangan (Food Chemitry)

Kimia pangan merupakan kompetensi keahlian yang akan mempelajari tentang reaksi kimia yang terjadi pada setiap proses pegolahan pangan yang dilakukan. Hubungan antara setiap bahan yang digunakan dalam proses pengolahan, seperti bahan utama, food additives, dan suhu pemasakan. Kompetensi ini fokus untuk mempelajari chemical reaction yang mencakup, gizi yang terkandung dalam pangan, food additives dan halal assurances system. Kompetensi ini mempersiapkan siswa APHP untuk dapat menekuni profesi sebagai laboran, asisten peneliti, RnD staff, auditor, QA expert dan QC expert di dunia food industry.

Biokimia Pangan (Food Biochemistry)

Biokimia pangan merupakan kompetensi keahlian yang akan mempelajari reaksi biokimia yang terjadi didalam tubuh akibat dari konsumsi pangan tertentu. Kompetensi ini tidak dipelajari terlalu dalam, hanya dasar ilmunya saja agar siswa mampu memahami hubungan dari setiap zat digunakan dalam pangan dan apakah reaksi yang terjadi di dalam tubuh.

MATA PELAJARAN

Mata Pelajaran Umum

  • Pendidikan agama islam
  • Pendidikan jasmani dan kesehatan
  • Pendidikan kewarganegaraan
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Kesenian
  • Simulasi digital
  • Matematika
  • Sejarah Indonesia
  • Muatan lokal

Mata Pelajaran Produktif

  • Proses pengolahan hasil pertanian
  • Pengendalian mutu bahan hasil pertanian
  • Penanganan bahan hasil pertanian
  • Produksi pengolahan hewani
  • Produksi pengolahan nabati
  • Keamanan pangan
  • Produk kreatif dan kewirausahaan

GURU DAN STAFF

GURU

Neneng Surtini S.Hut

Nama

Neneng Surtini S.Hut

TTL

Cianjur,

Email

nenengsurtini@gmail.com

Pendidikan

S1 – Kehutanan

Ani Farmila SP

Nama

Ani Farmila SP

TTL

Serang,

Email

anifarmila@gmail.com

Pendidikan

S1 – Pertanian

Abdul Mujib SP

Muthia Rizky Annida S.TP

Profil Guru
Nama

Muthia Rizky Annida S.TP

TTL

Serang, 8 Januari 1997

Email

muthiarizky@gmail.com

Pendidikan

S1 – Ilmu dan Teknologi Pangan IPB

Profil Lulusan

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel:

No.Dunia usaha/industryLingkup pekerjaan
1Perusahaan jasaPerancang olahan makananKonsultan hasil pengolahan petanianOperator alat mesin pertanian
2Perusahaan dagangHome IndustriPenjualan produk hasil olahan
3Perusahaan Swasta Olahan Makanan dan MinumanProduksiDistribusiAnalis Pangan
4Instansi PemerintahBadan POM (Analis Pangan)LPPOM MUI (Analis Pangan)

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan program keahlian agribisnis pengolahan hasil pertanian juga dimungkinkan mengelola wirausaha bidang pengolahan pangan dan QC perusahaan makanan dan minuman dan juga untuk usaha mandiri.

pengenalan prodi Pengolahan hasil pertanian di MPLS virtual 2020

vidio pengenalan alat-alat yang ada di lab APHP

Mata Pelajaran Produktif Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian adalah

1. Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian

Dasar Kompetensi Keahlian

  1. Dasar Penanganan Bahan Hasil

Alamat Sekolah

SMK N PERTANIAN KOTA SERANG

Jln. Cilegon Km.4 Po.Box.42162  Tlp. (0254) 212228

E mail : smk.pertanian.serang@gmail.com

web : smkpnserang.sch.id

Daftar Guru